Kebetulan semua CMS yang akan kita bahas disini berbasis Opensource semua, karena memang salah satu tujuan ini adalah untuk belajar yang gratis dan mudah. karena semua CMS yang kita bahas disini berbasis PHP, dan sebagai mana telah diketahui bersama untuk menjalankan PHP membutuhkan server. maka kita juga akan menggunakan server yang opensource juga yaitu Apache.

Apache adalah server yang paling poluler saat ini. sangat kompetibel dengan PHP, dan pada kenyataanya server yang digunakan diseluruh dunia, apache menempati urutan paling atas. selain membutuhkan apache sebagai server, PHP juga membutuhkan database agar CMS berjalan dengan dinamis dan semua tersimpan dengan terartur, maka MySQL lah yang kebanyakan digunakan dalam CMS tersebut.

Awalnya, bagi sebagian orang menggabungkan PHP, Apache, MySQL bukanlah sesuatu yang mudah. karena memang membutuhkan beberapa pengeditan disintaknya. itulah salah satu yang menyebabkan CMS agak susah dipelajari. tapi hal itu tidak berlaku untuk sekarang. XAMPP adalah satu contohnya.

XAMPP adalah PHP bundle yang didalamnya sudah ada Apache, MySQL dan beberapa aplikasi yang mungkin dibutuhkan dalam mengembangkan aplikasi berbasis web. antara lain filezilla, Mysql admin dan lain-lainya. XAMPP sangat mudah dalam penginstallnya, seperti aplikasi lainnya tinggal next-next aja, atau tinggal ekstrak saja tergantung di sistem operasi apa yang digunakan. XAMPP bisa didownload di sini :

setelah download cobalah install dengan next-next saja. begitu selesai mengintall bacalah manualnya, setelah itu, intall di htdocs CMS yang anda pilih.